Jenis Kerusakan Dan Cara Memperbaiki Remote TV

WikiKomponen.com – Jenis Kerusakan Dan Cara Memperbaiki Remote TV. Sebuah remote tv yang mengalami kerusakan dapat diperbaiki sendiri. Umumnya tidak terlalu sulit untuk memperbaikinya selama yang rusak bukan IC utamanya. Jika mengalami kerusakan pada IC, maka tidak ada yang dapat dilakukan kecuali membeli yang baru.

Jenis Kerusakan Dan Cara Memperbaiki Remote TV

Dalam sebuah remote tv hanya terdapat beberapa komponen saja yaitu kristal, transistor, terminal batere berupa per, lampu remote, elco kecil, serta kerusakan pada jalur PCB.

Ads Metta3

Kerusakan Kristal Remote

Bagian tersebut merupakan komponen berbentuk segi empat dengan 2 buah terminal. Umunya berwarna kuning, hitam atau biru menyerupai kapasitor. Kristal yang paling sering dipergunakan adalah tipe 455. Bagian tersebut merupakan komponen yang paling sering mengalami kerusakan pada sebuah remote. Perhatikan untuk mengganti komponen tersebut dengan tipe yang sama.

Jenis Kerusakan Dan Cara Memperbaiki Remote TV

Jenis Kerusakan Dan Cara Memperbaiki Remote TV

Kerusakan Lampu Infra Red Remote

Komponen tersebut berbentuk lampu LED yang umumnya mudah ditemukan. Hanya saja jenis LED tersebut tidak memendarkan cahaya yang bisa dilihat oleh mata.

Kerusakan pada lampu remote dapat diketahui dengan mengukur dengan multitester. Pada dasarnya sebuah LED merupakan sebuah dioda. Pergunakan cara untuk mengukur dioda untuk mengetahui kerusakan pada komponen tersebut.

Kerusakan Transistor To-92.

Umumnya remote TV juga memiliki sebuah transistor yang bisa saja mengalami kerusakan. Transistor tersebut juga dapat diganti bila mengalami kerusakan.

Elco Atau Kapasitor

Jika terdapat kapasitor, komponen tersebut juga dapat diganti. Umumnya sebuah remote hanya memiliki maksimum 1 buah kapasitor. Ukuran elco tersebut biasanya sangat kecil dan terletak disekitar lampu remote. Cukup mudah untuk ditemukan.

Terminal Batere

Bagian tersebut sering mengalami gangguan karena terlepas. Periksa kembali solderan bagian tersebut apakah terlepas. Bila memungkinkan, lepas dan solder kembali. Bagian tersebut sangat rawan terhadap kerusakan karena seringnya mengganti batere.

Jenis kerusakan dan cara memperbaiki remote TV tidak terlalu sulit selama yang rusak adalah salah satu komponen di atas. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga Artikel:

ads metta3

One Response

  1. Maulana 12/01/2017 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *