Jenis Kerusakan AC Atau Pendingin Ruangan

IMG_20151001_121032

Jenis Kerusakan AC Atau Pendingin Ruangan 1

WikiKomponen.com Jenis kerusakan AC atau pendingin ruangan yang paling sering ditemukan antara lain AC tidak dingin, terlalu dingin dan air menetes ke unit indoor. Memperbaiki kerusakan ac yang demikian ternyata memerlukan kejelian dan pengalaman untuk menemukan sumber penyebab gangguan tersebut.

Jenis Kerusakan AC Atau Pendingin Ruangan

Sebuah AC memiliki komponen yang saling berhubungan satu sama yang lain. Hal ini sudah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya tentang prinsip dan cara kerja mesin pendingin. Namun, kali ini kita akan membahas beberapa hal yang sedikit berbeda dengan topik tersebut walaupun umumnya prinsip kerja harus dipahami untuk mampu menganalisa kerusakan yang terjadi.

Terdapat beberapa kerusakan umum yang paling sering ditemukan pada sistem pendingin ruangan jenis split. Kerusakan yang umum ditemukan antara lain :

  1. AC Tidak Dingin Atau Terlalu Dingin
  2. AC Bocor Atau Air Menetes Ke Ruangan

AC Tidak Dingin Atau Terlalu Dingin

AC yang tidak dingin dapat saja disebabkan oleh banyak faktor dan kemungkinan kerusakan. Terdapat beberapa penyebab tidak dinginnya pendingin ruangan atau AC mulai dari yang ringan hingga yang berat. Gangguan tersebut antara lain:

Settingan Temperatur Pada Remote.

Temperatur yang diset terlalu tinggi menyebabkan AC membatasi kemampuan untuk mendinginkan hingga suhu yang di set. Saat menset suhu AC, pastikan remote menghadap ke AC dan memberikan indikator bunyi atau lampu. Angka yang ditunjukan oleh remote tidak menunjukkan suhu yang di atur jika tidak mengarah ke pesawat AC. Akibatnya kita mengira sudah menset hingga 18ºC, padahal di pesawat AC otomatis masih membatasi suhu pada 27-28 ºC.

AC Dalam Keadaan Kotor Dan Tidak Pernah Dibersihkan.

Terdapat 3 bagian utama yang harus sering dibersihkan pada ac indoor unit yang dapat dilakukan sendiri.

  • Saringan Udara. Saringan ini merupakan saringan yang berada pada bagian depan maupun atas ( tergantung model ) yang harus sering dibersihkan. Bagian tersebut berfungsi untuk melindungi AC dari debu ruangan yang kotor, sehingga tidak sampai masuk ke dalam unit. Biasanya bagian ini mudah dilepas dan dibersihkan sendiri. Sering-seringlah membersihkan bagian tersebut.
  • Kipas atau Blower. Bagian tersebut merupakan bagian yang meniupkan udara dingin dari evaporator ke dalam ruangan. Umumnya AC Split menggunakan kipas jenis tabung yang berputar untuk mendorong udara ke dalam ruangan. Bagian tersebut sering tertutup debu, sehingga kemampuan untuk menghasilkan angin akan menurun. Akibatnya AC menjadi tidak bisa dingin.
  • Evaporator. Bagian tersebut merupakan sirip-sirip yang disusun secara rapat untuk memperbesar permukaan pendinginan supaya memberikan efek pendinginan yang lebih cepat dari freon yang mengalir dalam pipa Evaporator. Dengan permukaan yang tertutup debu, maka AC tidak akan mampu mendinginkan ruangan. Bagian tersebut memerlukan penanganan yang extra hati-hati agar tidak merusak bagian tersebut. Sirip-sirip aluminium cukup lunak, sehingga dapat rusak jika tidak dibersihkan oleh teknisi. Namun jika ingin mencobanya, dapat dilakuka dengan hati-hati menggunakan vacum cleaner protabel. Cara ini cukup efektif untuk membersihkan evaporator tanpa melibatkan air.

Kurang Freon.

Usahakan menyerahkan masalah pengisian freon kepada teknisi profesional. Walaupun saat ini mesin AC telah dirancang dengan cukup baik dan dapat dibuka tutup dengan mudah tanpa memerlukan pengelasan seperti AC jaman dulu dalam pengisian Freon, namun sangat dianjurkan untuk menyerahkan pekerjaan ini pada ahlinya.

Thermostat Rusak.

Thermostat yang rusak membuat AC tidak dapat mengatur suhu ruangan secara otomatis, akibatnya bisa terlalu dingin atau tidak dingin.

Kerusakan Outdoor Unit AC.

Kerusakan Outdoor Unit dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain :

  • Kerusakan Kompresor. Kompresor dapat saja rusak dan menyebabkan AC tidak bisa dingin.
  • Kerusakan penunjang kompresor seperti kapasitor.
  • Kerusakan Kipas Pembuang Panas.
  • Kerusakan Relay Penyalur Listrik Ke Outdoor Unit.

AC Bocor Atau Air Menetes Ke Ruangan

  1. Kebocora AC bisanya terjadi akibat kotoran AC yang menyumbat selang pembuangan air ke luar ruangan. Jika selang tersumbat, maka air akan menumpuk pada tabung penampung pada unit ruangan. Kemampuan menampung air sangat terbatas, sehingga jika tidak dibersihkan, umumnya air akan meluber keluar dan mengalir, sehingga merusak peralatan di bawahnya.
  2. Pipa Pecah Atau Bocor. Kebocoran biasanya terjadi karena kesalahan saat membersihkan ac dengan cara yang kasar atau umur AC sudah terlalu tua. Cara ini bisa diatasi dengan mengganti selang tersebut.
    Jenis Kerusakan AC Atau Pendingin Ruangan

    Jenis Kerusakan AC Atau Pendingin Ruangan

     

Tips Membersihkan AC Sendiri

  • Selalu matikan aliran listrik dan sumber listrik agar terhindar dari bahaya.
  • Jangan sampai menekan bagian sirip evaporator.
  • Bersihkan dengan sabun, jangan menggunakan alkohol atau cairan keras lainya.
  • Pergunakan peralatan pengaman

Jenis kerusakan AC atau pendingin ruangan dapat juga terjadi akibat perpaduan dari berbagai faktor yang menyebabkan gangguan tersebut. Sangat dianjurkan untuk menyerahkan kerusakan yang berat kepada teknisi profesional terutama teknisi resmi merek tersebut.

Baca Juga Artikel :

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *