Fungsi Running Kapasitor Atau Kondensor AC Split

WikiKomponen.comFungsi Running Kapasitor Atau Kondensor AC Split Running kapasitor banyak dipergunakan banyak dipergunakan pada mesin pendingin AC, freezerm, kulkas, motor mesin cuci dan pompo angin maupun pompa air. Sedikit berbeda dengan fungsinya pada mesin lain, pada AC kapasitor yang dipakai umumnya memiliki casing aluminium, sehingga bentuknya kelihatan mengkilap dalam Mesin AC dan mudah dikenali.

Fungsi Running Kapasitor Atau Kondensor AC Split

Kapasitor berfungsi untuk menghaluskan perputaran awal pada kompresor AC. Fungsinya seperti kapasitor bank yang menyimpan muatan listrik agar gerakan kompresor dapat bergerak dengan rata dan halus. Umumnya kapasitor yang dipergunakan pada mesin AC memiliki voltase yang cukup besar yakni sekitar 350 Volt hingga 475 Volt.

Gejala Kerusakan Kapasitor Pada Mesin AC

Jika sebuah kapasitor pada mesin AC putus atau rusak, maka akan dapat kenali dari gejalanya berupa :

  • Kompresor Menjadi Panas. Beban yang berlebihan akibat suply litrik yang terputus-putus menyebabkan start putaran berat pada kompresor yang menyebabkan kompresor menjadi lebih panas.
  • Kompresor Tidak Berputar. Motor kompresor tidak mampu start.
  • Kompresor Bergetar Atau Berdengung. Gejala tersebut lebih banyak ditemukan pada kompresor AC yang lebih kecil.

Bentuk Kapasitor Untuk Mesin Pendingin AC

Kapasitor yang banyak dipergunakan pada ac umumnya memiliki casing yang terbuat dari aluminium. Bentuknya dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Fungsi Running Kapasitor Atau Kondensor AC Split

Fungsi Running Kapasitor Atau Kondensor AC Split

Tips Mengganti Kapasitor AC Yang Rusak.

Perhatikan spesifikasi kapasitor sebelum mengganti dengan yang baru. Hal yang harus diperhatikan adalah mengetahui nilai UF yang tercantum pada kapasitor dan voltasenya. Umumnya voltase kapasitor masih dapat dipergunakan walaupun hanya 275 Volt. Namun, sebaiknya memberikan sedikit toleransi keamanan dengan membeli kapasitor yang sama voltnya atau lebih tinggi dari yang aslinya.

Volt pada kapasitor AC menunjukan kemampuan dan ketahanannya terhadap voltase yang dibebankan. Tidak masalah jika tidak lebih besar nilainya. Namun nilai kapasitas UF sebaiknya disamakan karena menunjukan kemampuan menyimpan arus pada kapasitor. Kapasitor AC tidak mempunyai polaritas, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan soal positif dan negatifnya.

Fungsi running kapasitor atau kondensor AC split cukup penting. Jika tidak diganti dan dipaksakan terus akan menyebabkan kerusakan permanen pada kompresor.

Baca Juga Artikel :

No Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *