Fungsi Output Socket RCA Amplifier Surround Dan DVD Player

WikiKomponen.com Fungsi Output Socket RCA Amplifier Surround Dan DVD Player home theater seperti ML, MR, C, SW, SR, dan SL sering diabaikan pada saat memutar film.

Padahal output tersebut memiliki fungsi yang berbeda dan sangat bermanfaat terutama untuk mendapatkan sistem home theater yang lengkap.  Jenis sistem demikian sering juga disebut dengan 5.1

Fungsi Output Socket RCA Amplifier Surround Dan DVD Player

Pada sistem home theater ready, atau sistem yang telah dirancang buat home theater, baik itu amplifier dengan sound prosesor, player, receiver, atau pre-amplifier, biasanya akan disertakan output berupa jack RCA di panel belakang yang cukup banyak.

Fungsi Output Socket RCA Amplifier Surround Dan DVD Player

Fungsi Output Socket RCA Amplifier Surround Dan DVD Player

Output RCA Panel Belakang

Panel belakang tersebut dapat terdiri dari:

  • ML ( Main Left Output ) dan MR ( Main Right Output ) yaitu keluaran kanal kiri dan kanal kanan. Kedua output ini merupakan output yang paling banyak dipergunakan oleh pemakai pada umumnya karena mewakili seluruh spektrum suara yang bisa diproses oleh amplifier.
  • FL ( Front Left Output ) dan FR ( Front Right Output ) yaiut keluaran kanal depan kiri dan kanan. Kedua RCA tersebut dapat dipergunakan seperti halnya ML dan MR. Namun, tujuan sebenarnya dari kanal tersebut adalah untuk dipakai pada amplifier yang memproses suara depan terutama saat memutar film.
  • Center. Keluaran RCA ini merupakan keluaran untuk chanel tengah. Kanal tersebut memproses signal suara atau vokal, sehingga vokal atau suara lebih jelas terdengar.
  • SL ( Surround Left ) dan SR ( Surround Right ) yaitu keluaran yang memproses suara surround dan gema. Suara surround bertujuan untuk membuat suara pergerakan objek lebih nyata terutama untuk menirukan gerakan suatu objek dalam film seperti pergerakan mobil dari depan ke belakang atau memutar. Selain berfungsi untuk lebih menghidupkan suara, speaker tersebut juga berfungsi untuk memproses gema atau menirukan gema untuk mode hall dll.
  • SW ( Sub Woofer ) . Output tersebut berfungsi untuk dihubungkan amplifier yang menghasilkan bass rendah. Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, sub lebih berperan sebagai penghasil suara bass rendah. Kanal output tersebut sangat berguna untuk memproses suara gemuruh, gendang, gempa bumi, dan suara rendah lainnya pada home theater.

Fungsi Output Socket RCA Amplifier Surround Dan DVD Player dapat dipakai semuanya jika memiliki amplifier yang memiliki input dengan chanel yang terpisah. Terlepas dari kualitas suara yang dihasilkan, walaupun tidak memiliki amplifier demikian, 5 buah amplifier akan dapat dipergunakan sekaligus untuk menirukan sistem 5.1 secara lengkap.

2 Comments

  1. rudi 09/02/2017 Reply
    • wikikomponen 28/02/2017 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *