Fungsi Osiloskop Pengertian Dan Prinsip Cara Kerjanya

WikiKomponen.comFungsi osiloskop pengertian dan prinsip cara kerjanya. Saat ini terdapat berbagai merek, jenis, kegunaan osiloskop dan berbagai karakteristik serta aplikasinya. Cara pemakaianya pun semakin mudah.Osiloskop digital yang dirancang dengan sederhana membuat pemakaian semakin mudah dan dipelajari. Berbeda dengan jenis analog yang walaupun fungsinya tidak terlalu banyak, menggunakanya pun harus cukup berhati-hati agar tidak merusak alat tersebut.

Fungsi Osiloskop Pengertian Dan Prinsip Cara Kerjanya

Pengertian osiloskop adalah alat ukur elektronik yang menginteprestasikan sinyal listrik serta frekuensi listrik menjadi visual gambar grafik, sehingga dapat dinyatakan dalam satuan tertentul sebagai indikator kinerja.

Ads Metta3

Dengan osiloskop, bentuk gelombang sinyal listrik atau frekuensi suatu rangkaian elektronika dapat di ketahui. Biasanya hasil pengukuran ditunjukan dalam 2 buah axis atau sumbu X vertikal dan Y vertikal.

Osiloskop sangat diperlukan terutama berkaitan dengan penggunakan pada bidang kedokteran dan telekomunikasi. Kedua bidang ini menuntut ketepatan peralatan dengan spesifikasi yang lebih presisi, sehingga peralatan tersebut mutlak diperlukan.

Fungsi Osiloskop Pengertian Dan Prinsip Cara Kerjanya

Fungsi Osiloskop Pengertian Dan Prinsip Cara Kerjanya

Jenis Jenis Osiloskop

Dipasaran kita dapat menemukan 2 jenis osiloskop, yakni yang memiliki tampilan:

  • Layar Tabung Kaca ( CRT)
  • Layar LCD

Osiloskop Tabung Kaca.

Osiloskop jenis tersebut layarnya terbuat dari tabung CRT. Jenis ini saat ini dikenal sebagai osiloskop analog. Jenis ini merupakan pengembangan dari osiloskop yang pertama dikembangkan. Osiloskop tersebut memiliki respon terhadap signal lebih cepat dibandingkan dengan digital.

Osiloskop LCD

Jenis tersebut umumnya merupakan osiloskop yang lebih maju dan telah menggunakan layar LCD yang lebih ringan. Osiloskop jenis ini disebut juga osiloskop digital. Kelebihan osiloskop digital ialah kemampuannya dalam menentukan bandwidth yang lebih fleksibel. Jenis ini dapat dibagi secara spesifik menjadi 4 macam yaitu:

  • Osiloskop Sampling Digital
  • Osiloskop Portabel
  • Osiloskop Berbasis Komputer ( PC)
  • Osiloskop Signal Campuran

Karakteristik Pengukuran Osiloskop

Osiloskop menggunakan basis waktu sebagai pengukuran. Selain itu juga tegangan serta frekuensi yang juga dipautkan terhadap waktu. Umumnya kemampuan sebuah osiloskop dapat dipergunakan untuk mengukur frekuensi, amplitudo, bentuk gelombang listrik, dan fasa listrik.

Jenis Pengukuran Yang Dilakukan Osiloskop

  • Tegangan Maksimum dan Minimum
  • Mengukur Tegangan Rata-rata
  • Bentuk Gelombang

ads metta3

One Response

  1. fachtur 21/10/2016 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *