Cara Merawat Mata Solder Dengan Busa Pembersih

WikiKomponen.com – Cara merawat mata solder dengan busa pembersih berbentuk sponge lebih aman dibandingkan dengan berbagai cara yang pernah diajarkan oleh berbagai sumber. Walaupun menggunakan kardus, kertas amplas, tinner, atau siongka dapat saja dilakukan, dari pengalaman, membersihkan menggunakan sponge atau kapas pembersih khusus yang diperuntukan untuk solder merupakan cara yang paling bersih dan aman.

Penggunaan amplas atau kardus biasanya dilakukan hanya dalam keadaan darurat. Cara merawat dengan menggunakan amplas juga perlu sangat berhati-hati. Tidak semua orang dapat menggunakan cara ini jika belum pernah mencobanya. Salah dalam membersihkan dengan amplas bisa jadi memperparah kondisi mata solder.

Cara Merawat Mata Solder Dengan Busa Pembersih

Sebelumnya, yang kita ketahui, seoarang teknisi sering mencoba berbagai metoda untuk membersihkan solder baik dengan kardus maupun siongka. Namun, setelah menemukan pembersih solder jenis busa dan kapas, cara lain sudah jarang gunakan. Cara tersebut membuat mata solder jauh lebih bersih dan awet.

Cara Merawat Mata Solder Dengan Busa Pembersih

Cara Merawat Mata Solder Dengan Busa Pembersih

Cara menggunakannya pun termasuk sangat sederhana. Hanya mengandalkan sepotong busa kecil saja, maka permukaan mata solder dapat dibersihkan. Namun, sponge yang dipergunakan haruslah spong khusus. Jangan menggunakan sponge biasa, sehingga malah hangus dan menempel pada permukaan mata solder.

Cara Penggunaan Sponge Dan Kapas

Teteskan beberapa tetes air atau cairan flux pada kapas dan busah hingga basah. Bersihkan solder dalam keadaan panas agar terbebas dari kotoran. Busa dan kapas tersebut tahan terdahap panas dan tidak mudah rusak, sehingga tidak perlu kuatir akan terbakar atau lumer.

Cara merawat mata solder dengan busa pembersih tidak memerlukan kealihan maupun pengalaman seperti halnya dengan cara lain. Membersihkan menggunakan amplas ternyata jauh lebih sulit dan harus hati-hati dibandingkan dengan menggunakan sponge.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *