Cara Menyimpan CD Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

WikiKomponen.com – Cara Menyimpan CD Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak. CD baik itu DVD atau VCD sangat sensitif terhadap goresan, panas, lembab, serta cahaya langsung. Penyimpanan yang salah akan membuat CD lebih cepat rusak dan tidak dapat dipergunakan lagi.

Cara Menyimpan CD Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Umumnya CD yang disimpan dalam keadaan baik dapat bertahan bertahun-tahun. Namun sering kali kita menemukan bahwa CD kesayangan kita rusak begitu saja. Padahal baru di beli beberapa bulan yang lalu. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Cara Menyimpan CD Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Cara Menyimpan CD Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Penyebab Utama Kerusakan CD

Beberapa penyebab kerusakan CD yang sering ditemui adalah sebagai berikut:

  • Tergores. CD terdiri dari lapisan pelindung, label maupun bagian penyimpan data. Walaupun goresan tidak mengenai lapisan data, CD yang tergores dapat merusak atau mendistorsi sinar laser yang dipergunakan untuk mengambil data dari CD.
  • Kotor. Sidik jari, lemak, keringat, serta debu merupakan penyebab utama terjadinya CD yang kotor.
  • Panas. Panas yang berlebihan dapat merusak CD.
  • Mekanis. Hal lain yang sering menyebabkan CD rusak dan tidak bisa dibaca adalah karena melengkung, pecah, atau berubah bentuk akibat cara penyimpanan yang salah.
  • Cahaya. CD yang disimpan di bawah matahari atau terkena cahaya langsung umumnya akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan yang tersimpan rapat. Umumnya ditandai dengan CD berubah menjadi bening. Hal ini karena lapisan aluminium yang dipergunakan sebagai reflektor data teroksidasi lebih cepat.

Cara Mencegah Kerusakan CD

Penyebab kerusakan seperti yang disebutkan diatas cukup memperihatinkan jika terjadi pada CD koleksi. Umumnya CD dapat bertahan cukup lama jika dirawat dengan baik. Walaupun demikian, CD bukanlah media untuk koleksi yang baik mengingat media tersebut cukup rawan untuk dikoleksi.

Untuk memperpanjang umur CD, kita dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Tidak memegang bagian tengah CD
  2. Menyimpan CD dengan posisi vertikal, sehingga tidak terjadi perubahan bentuk
  3. Simpan ditempat yang agak gelap dengan suhu ruangan sekitar 20-30ÂșC.
  4. Olesin pinggir CD dengan spidol ajaib yang dapat memperbaiki kualitas CD. Spidol demikian banyak dijual ditempat para hobbist Audio. Terdapat juga jenis gelang untuk pinggiran CD.
  5. Tidak menempelkan stiker pada permukaan CD.

Demikian sekilas cara menyimpan CD agar awet dan tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *