Cara Mengukur Suhu AC Dengan Termometer Infrared

WikiKomponen.com Cara Mengukur suhu AC dengan Termometer Infrared atau inframerah jauh lebih mudah dibandingkan dengan termometer air raksa. Fungsi dan aplikasi serta penggunaan dan ketepatan alat tersebut jauh lebih akurat dari pada termometer konvensional. Alat tersebut telah menjadi peralatan yang harus dimiliki oleh setiap teknisi AC dan pemanas ruangan maupun teknisi yang selalu berhubungan dengan suhu.

Cara Mengukur Suhu AC Dengan Termometer Infrared

Cara Mengukur Suhu AC Dengan Termometer Infrared

Cara Mengukur Suhu AC Dengan Termometer Infrared

Mengukur temperatur AC dengan menggunakan alat termometer inframerah ternyata memberikan keuntungan tersendiri. Dengan menggunakan termometer inframerah, pengukuran dapat lebih mudah dilakukan. Alat tersebut dapat melakukan pengukuran dengan jarak yang cukup jauh dari peralatan tanpa harus mendekati peralatan.

Selain itu, dari segi keamanan, alat tersebut jauh lebih aman dibandingkan dengan mengukur menggunakan peralatan konvensional. Dengan termometer konvensional, bahaya seperti sengatan listrik, sengatan panas pada elemen, serta mengukur di tempat ketinggian tertentu dan tempat tertentu lebih sulit dilakukan.

Jenis Termometer

Terdapat 2 jenis termometer secara garis besar yang dapat ditemukan di pasaran yaitu :

  • Termometer Analog
  • Termometer Digital

Termometer Analog

Termometer jenis ini umumnya menggunakan air raksa sebagai media pengukuran. Pada suhu tertentu, air raksa akan memuai secara linear terhadap suhu. Sehingga pemuaian ini dimanfaatkan untuk mengukur kenaikan suhu pada permukaan tertentu.

Termometer Digital

Termometer tersebut banyak menggunakan elemen pengukur yang mamanfaatkan perubahan daya hantar listrik pada logam tertentu yang dikonvesikan secara digital untuk pengukuran. Cara tersebut telah banyak dipergunakan untuk pengaturan suhu atau termo control pada peralatan oven dan sebagainya.

Cara Penggunaan Termometer Inframerah

Termometer Inframerah merupakan salah satu peralatan pengukuran suhu digital yang menggunakan sinar inframerah untuk menditeksi suhu permukaan. Untuk mengukur suhu pada permukaan tertentu, cukup arahkan termometer tersebut kepermukaan benda tersebut tanpa harus menyentuh permukaan tersebut. Perhatikan settingan peralatan tersebut sebelum mengukur. Alat tersebut memiliki berbagai rentang pengukuran. Jika menggunakan alat yang salah, pengukuran tidak dapat dilakukan.

Pengukuran AC seharusnya menggunakan termometer yang memungkinkan pengukuran minimal hingga suhu 16ÂșC. Jangan menggunakan alat yang tidak bisa mengukur suhu pada rentang temperatur tersebut, sehingga pengukuran tidak akurat. Cara mengukur suhu AC dengan Termometer Infrared juga memberikan keuntungan dari segi kecepatan pengukuran.

Baca Juga Artikel :

No Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *