Cara Mengukur Kapasitor Dengan Menggunakan LCR Meter

WikiKomponen.comCara Mengukur Kapasitor Dengan Menggunakan LCR Meter. Untuk mengetahui nilai kapasitor secara tepat, baik jenis Mylar, Elco, atau Keramik, cara yang paling tepat adalah menggunakan kapasitor meter. Umumnya peralatan tersebut terintegrasi dengan alat ukur lain seperti pengukur L atau induktor, dan R atau resistor.

Cara Mengukur Kapasitor Dengan Menggunakan LCR Meter

Sebelumnya telah pernah disinggung bahwa alat ini dapat dipergunakan untuk mengetahui keaslihan Elco. Tidak heran karena dengan menggunakan LCR meter, maka nilai dari kapasitor dapat diketahui secara pasti tanpa embel-embel pada label dan tulisan di kapasitor yang sering kali abal-abal alias palsu.

Namun, kali ini kita tidak akan membahas tentang keaslihan kapasitor karena sudah ada pembahasan pada bagian yang berbeda.

Dalam pembahasan kita kali ini akan dijelaskan cara mengukur kapasitor dengan menggunakan LCR meter agar dapat memberikan hasil pengukuran yang tepat.

Peralatan Untuk Mengukur Kapasitor

Untuk dapat mengukur nilai dari sebuah kapasitor, diperlukan sebuah LCR meter atau paling tidak C meter. Namun, umumnya peralatan yang banyak ditemukan merupakan LCR meter yang telah diintegrasikan dalam satu peralatan.

Cara Mengukur Kapasitor Dengan Menggunakan LCR Meter

Cara Mengukur Kapasitor Dengan Menggunakan LCR Meter

LCR meter mampu digunakan untuk mengukur nilai L ( Lilitan ), C ( Kapasitor ) serta R ( Resistor ). Biasanya juga alat tersebut dapat dipergunakan untuk mengukur kecepatan charge dan discharge sebuah kapasitor, serta nilai floating nilai pengukuran.

Cara Penggunaan LCR Meter Untuk Mengukur Kapasitor

Langkah berikut ini merupakan cara mengukur kapasitor dengan menggunakan LCR meter untuk mengetahui nilai kapasitor:

  1. Tempatkan posisi pengukuran pada bagian C. Pada bagian ini terdapat beberapa pilihan seperti pF, nF, mF serta F yang masing-masing menunjukan besaran dalam nilai kapasitansi kapasitor. Beberapa alat juga memberikan petunjuk berupa 100pF, 100 nF, 100mF, 100uF atau 1F.
  2. Pilihlah posisi pengukuran yang paling mendekati di atas nilai kapasitor yang akan di ukur.
  3. Jika nilai kapasitor tidak terbaca pada komponen akibat rusak atau terhapus, tempatkan dengan cara coba-coba dengan melihat jenis kapasitor. Baca tentang nilai umum pada berbagai jenis kapasitor pada artikel sebelumnya.
  4. Sedapatkan mungkin kapasitor dengan nilai besar dihubung singkat untuk membuang muatannya sebelum diukur untuk mencegah kemungkinan kerusakan pada alat ukur.
  5. Bacalah nilai yang tertera pada layar. Jika nilai pengukuran menunjukan nilai desimal yang terlalu kecil, maka posisi pembacaan dapat diturunkan 1 tingkat di bawah posisi awal untuk mendapatkan nilai desimal yang lebih besar.

Cara mengukur kapasitor dengan menggunakan LCR meter bertujuan untuk mendapatkan nilai sesungguhnya dari suatu komponen kapasitor. Dengan menggunakan LCR meter, sebenarnya kita tidak perlu terlalu memikirkan merek ataupun pembuat dari kapasitor tersebut. Alat ini akan menunjukan yang sebenarnya. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *