Cara Mengatasi Warna Ungu Layar TV Akibat Terkena Magnet

WikiKomponen.comCara Mengatasi Warna Ungu Layar TV Akibat Terkena Magnet sehingga menjadi terlihat belang dan tidak menarik dapat dilakukan dengan mendekatkan kembali magnet speaker ke arah TV tersebut. Aneh memang, tetapi cara tersebut sangat ampuh untuk dapat dilakukan sendiri tanpa memerlukan alat digaussing TV portabel.

Cara Mengatasi Warna Ungu Layar TV Akibat Terkena Magnet

Penyebab Perubahan Warna Layar

Sebelum memperbaiki warna layar tersebut, ada baiknya mengetahui penyebab dari berubahnya warna layar tersebut.  Terdapat 2 penyebab layar dapat berubah warna yaitu:

Ads Metta3
  • Terkena Magnet Dari Speaker. Jika meletakan speaker atau benda magnet terlalu dekat atau bahkan di atas TV, maka layar akan berubah warna. Biasanya jika daya magnet cukup besar, maka coil degaussing tidak akan mampu membersihkan secara tuntas.
  • Kerusakan Coil Degaussing Di Sekeliling Tabung. Hal lain adalah tidak berfungsinya coil degaussing. Penyebab tidak berfungsinya bisa bermacam-macam, mulai dari supply listrik hingga putusnya coil tersebut.
  • Mengganti Jenis Tabung. Tabung yang dipasarkan biasanya akan disesuaikan dengan kutub magnetik bumi. Produsen biasanya akan menyesuaikan kutub tabung sesuai dengan daerah pemasaran. Namun karena berbagai hal, tabung dengan kutub yang berbeda sering kali berada di Indonesia, sehingga tabung demikian sangat sulit untuk di bersihkan.
  • Yoke Yang Tidak Sesuai. Yoke juga dapat menyebabkan tabung berubah warna bila kebetulan terjadi setelah pergantian yoke TV.

    Cara Mengatasi Warna Ungu Layar TV Akibat Terkena Magnet

    Cara Mengatasi Warna Ungu Layar TV Akibat Terkena Magnet

Cara Mengatasi Perubahan Warna TV Akibat Terkena Magnet

Setiap TV sebenarnya telah dipasang dengan sebuah coil di sekeliling tabung TV, sehingga setiap kali TV dihidupkan, layar akan dibersihkan dari sisa listrik statis yang menyebabkan magnet yang merusak warna layar TV. Biasanya warna yang paling sering ditemukan adalah warna keunguan hingga warna pelangi.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengambil sebuah magnet minimal 5-6 inch. Kemudian dekatkan ke layar TV yang sedang menyala dari arah depan.

Berilah jarak sekitar 10 cm dari layar agar tidak membaret layar TV. Langkah tersebut dapat dilakukan dengan cara :

  • Dekatkan magnet ke arah layar TV
  • Putar-putar magnet di depan layar TV seperti gerakan mengepel TV
  • Jauhkan magnet dari layar TV ke arah samping TV hingga menjauhi layar dari arah samping.
  • Lakukan hingga warna ungu atau warna distorsi tersebut ikut tertarik ke samping sampai bersih

Cara mengatasi warna ungu layar TV akibat terkena magnet tersebut biasanya akan menyelesaikan masalah karena terkena magnet. Namun cara tersebut hanya bisa menyelesaikan masalah secara sementara pada kasus lain.

3 Comments

  1. Budi Mardianto 10/11/2016 Reply
  2. meilisa 29/05/2017 Reply
    • wikikomponen 13/06/2017 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *