Cara Membuat Sendiri PCB Sederhana Dengan Transfer Paper

WikiKomponen.com – Ternyata cara membuat sendiri PCB sederhana dengan transfer paper cukup mudah hanya mengandalkan setrika, printer laser, kertas transfer paper, dan bor tangan. Bagi yang hobi elektronika pasti sudah tidak asing lagi yang namanya PCB.

Papan berisi rangkaian jalur tembaga tersebut ternyata dapat dibuat sendiri dengan mudah dan cepat hanya mengandalkan beberapa peralatan sederhana saja. Pada kesempatan tersebut kita akan coba membuatng sangat tipis dan membutuhkan presisi yang baik.

Ads Metta3
Cara Membuat Sendiri PCB Sederhana Dengan Transfer Paper

Kertas Transfer – Cara Membuat Sendiri PCB Sederhana Dengan Transfer Paper

Cara Membuat Sendiri PCB Sederhana Dengan Transfer Paper

Jika sebelumnya orang membuat PCB dengan cara transfer paper harus menggunakan kertas biasa, saat ini para hobbist semakin diuntungkan dengan hadirnya kertas khusus untuk proses transfer paper. Sehingga proses transfer jalur ke PCB semakin mudah dan tidak perlu melibatkan air sama sekali.

Jalur dapat dipindahkan dari kertas ke PCB dengan sangat mudah serta sempurna. Bahkan kualitas jalur juga lebih sempurna dan tidak banyak berbeda dengan PCB buatan pabrik. Saat ini, telah mulai terjadi pergeseran pembuatan prototype PCB menggunakan kertas transfer.

Persiapan Mencetak Pada Transfer Paper Atau Kertas Transfer Ke PCB

  • Untuk dapat mencetak pada permukaan transfer paper untuk PCB, pergunakan printer Laser. Jenis printer tersebut menggunakan tinta kering berupa toner seperti yang dipergunakan pada mesin fotocopy. Tinta jenis tersebutlah yang nantinya akan dipindahkan ke permukaan PCB, sehingga harus tahan air saat dicelup ke larutan Feric Chloric atau kimia lain.
  • Saat mencetak, selalu menggunakan fitur mirror agar hasil gambar yang dicetak berupa gambar terbalik. Hal ini karena nantinya kita akan memindahkanya ke permukaan PCB, sehingga posisi printing akan kembali normal.
  • Saat mencetak, pergunakan sisi permukaan kertas yang mengkilap atau licin. Kertas tersebut banyak dijual ditempat penjualan perlengkan sablon, cetak kaos dan toko buku.
  • Letakan permukaan hasil cetak printer menghadap ke permukaan tembaga pada PCB, lalu rekatkan dengan menggunakan tape kertas yang lebih tahan terhadap panas.
  • Lapisi dengan kain agar proses menyetrika lebih licin. Sebaiknya menggunakan kertas katun yang telah dipasang agar tidak bergeser.
  • Lakukan pemanasan dengan suhu 150C selama 60 detik.
  • Lepaskan kertas tersebut dari permukaan PCB. Jika perlu, rendah dalam air hingga lebih mudah dilepas.

Proses Etching PCB

  • Proses tersebut dilakukan dengan merendam dalam cairan kimia yang banyak dipergunakan untuk membuat PCB.
  • Saat merendam, sebaiknya sambil digoyang-goyang agar proses pelarutan tembaga lebih cepat.
  • Pergunakan tempat yang terbuat dari plastik.
  • Bersihkan, lalu cucilah tinta yang menempel pada jalur menggunakan Tinner A atau Aceton

Proses Printing Solder Mask

Pada proses ini, seluruh permukaan PCB yang tidak akan dipergunakan untuk solder akan ditutup dengan lapisan cat tahan panas. Lapisan tersebut berguna untuk menutupi jalur agar tidak terkena timah saat dilakukan proses solder dengan teknik pencelupan.

Pada proses soldering dengan solder bak, permukaan yang tertutup ini tidak akan dapat menyerap timah, sehingga penggunaan timah tidak terlalu boros. Hanya bagian sekitar kaki komponen yang terbuka saja yang akan tertempel timah.

Lapisan tersebut biasanya menggunakan cat berwarna hijau, walaupun juga terdapat warna lain seperti merah ataupun biru serta warna lainnya.

Solder Mask - Cara Membuat Sendiri PCB Sederhana Dengan Transfer Paper

Solder Mask

Proses Printing Regent

Pada PCB, sering kali kita melihat terdapat tulisan dan simbol komponen elektronik. Tulisan tersebut dapat saja berisi nama komponen, nilai komponen, atau no sequent dari komponen yang akan dipasang. Biasanya warna cat yang dipergunakan untuk mencetak permukaan PCB tersebut menggunakan cat berwarna putih.

Proses tersebut seringkali juga dipergunakan sebagai penomoran nomor komponen dan keterangan komponen yang berkaitan dengan cara pemasangan, polaritas, serta posisi pasang agar lebih memudahkan bagi operator untuk memasang.

Proses Pengeboran PCB

Terdapat beberapa teknik untuk membuat lubang pada PCB. Jika menggunakan cara pengeboran, pastikan seluruh lubang telah selesai di lubangi. Proses pengeboran biasanya dapat ditumpuk untuk mempercepat pekerjaan, sehingga sekali bor bisa dilakukan terhadap beberapa lembar PCB. Namun untuk pekerjaan tersebut harus dimulai sebelum proses sablon, agar posisi semua lubang sejajar saat ditumpuk. Cara membuat sendiri PCB sederhana dengan transfer paper cukup cepat dan akurat untuk jumlah yang tidak terlalu banyak. Selamat mencoba.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *