Cara Membuat Sendiri Alat Las Titik Dengan Trafo Bekas Microwave

WikiKomponen.comCara Membuat Sendiri Alat Las Titik Dengan Trafo Bekas Microwave. Spot Welder banyak dipergunakan untuk industri mobil hingga bengkel las. Namun harga spol welder umumnya cukup mahal. Selain mahal, unit spot welder kecil juga sulit ditemukan.

Namun, sebenarnya spot welder cukup mudah untuk dibuat. Cukup menggunakan trafo bekas microwave dengan inti yang berkualitas baik, maka spot welder yang dibuatpun akan cukup baik untuk melakukan pengelasan plat tipis dengan cukup mudah.

Ads Metta3

Cara Membuat Sendiri Alat Las Titik Dengan Trafo Bekas Microwave

Sebuah trafo las titik sebenarnya dapat dibuat dengan menggunakan core yang cukup baik seperti grade M3. Namun core demikian cukup sulit ditemukan dan tidak dijual dalam jumlah kecil. Untuk membuat menggunakan core yang biasa memerlukan ukuran yang lebih besar.

Sebuah trafo bekas microwave yang sudah rusak dapat saja dipergunakan untuk menjadi bahan baku core pembuat trafo las. Material tersebut umumnya terbuat dari material core yang bahkan lebih bagus dari H20 maupun H30.

Dari penjajakan yang saya lakukan, saat ini sudah ada perusahaan pembuat trafo yang menjual material dengan kualitas baik. Cobalah search online untuk mencari penjual kern trafo dan tanyakan hal tersebut. Pastikan anda menyampaikan niat untuk membeli core dengan kualitas yang lebih baik untuk las.

Menggulung Trafo Las

Untuk membuatnya, bagian sekunder dari microwave harus dibuka dan diganti dengan lilitan kawat atau kabel berukuran besar, sehingga mampu menghasilkan ampere yang lebih besar. Dapat juga menggunakan kabel berukuran besar untuk dijadikan lilitan sekunder. Minimal 2.5 mm.

Untuk mendapatkan voltase yang ideal, cobalah digulung beberapa lilit terlebih dahulu, kemudian ukurlah voltase yang dihasilkan dari lilitan tersebut. Mulailah dengan menggulung 5 gulungan untuk awal pengukuran. Kemudian ditambah perlahan untuk mendapatkan voltase yang diinginkan.

Untuk las titik sebaiknya tidak menggunakan voltase yang terlalu besar agar tidak menimbulkan percikan api dan membahayakan. Voltase ideal adalah berkisar antara 5 volt hingga 10 volt.

Untuk mendapatkan voltase yang diperlukan, cukup lakukan dengan menambah jumlah lilitan atau mengurangi jumlah lilitan.

Dengan menambah lilitan, maka voltase akan naik, sedangkan jika mengurangi lilitan, voltase akan menurun. Lakukan percobaan tersebut hingga diperoleh voltase yang diinginkan.

Memasang Mata Las

Mata las harus terbuat dari bahan tembaga. Sesuaikan ujung tip mata las dengan ukuran yang diperlukan. Tip mata las dapat diperoleh dengan bubut. Pastikan pemasangan tidak sampai longgar, sehingga aliran listrik dapat maksimal.

Cara Membuat Sendiri Alat Las Titik Dengan Trafo Bekas Microwave

Cara Membuat Sendiri Alat Las Titik Dengan Trafo Bekas Microwave

Lakukan tahap pembuatan sesuai petunjuk yang diberikan dalam cara membuat sendiri alat las titik dengan trafo bekas microwave. Membuat tanpa mengikuti tahapan akan sangat berbahaya dan bisa menghasilakan voltase yang terlalu besar dari yang dibutuhkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *