Cara Membuat Coil Crossover Subwoofer Inti Besi

WikiKomponen.comCara Membuat Coil Crossover Subwoofer Inti Besi. Low pass filter tidak selalu harus terbuat dari lilitan tembaga tanpa inti. Speaker untuk menghasilkan low bass memerlukan filter dengan nilai induktansi yang cukup besar, sehingga memerlukan inti besi agar dapat tercapai nilai induktansi yang diperlukan.

Cara Membuat Coil Crossover Subwoofer Inti Besi

Terdapat keuntungan menggunakan coil crossover inti besi dan kerugian sekaligus. Namun untuk subwoofer dan low bass tidak ada salahnya menggunakan coil crossover jenis ini.

Ads Metta3
Cara Membuat Coil Crossover Subwoofer Inti Besi

Cara Membuat Coil Crossover Subwoofer Inti Besi

Inti besi mampu menghasilkan induktansi yang lebih besar hanya dengan beberapa lilitan. Dibandingkan dengan coil crossover air core yang umumnya memerlukan kawat yang lebih panjang dan lilitan yang lebih banyak.

Dengan menggunakan inti besi, ini juga berarti kita dapat memperoleh nilai tahanan dalam yang lebih kecil. Sehingga secara keseluruhan akan sangat menguntungkan power dan efisiensi speaker.

Kekurangan Coil Crossover Inti Besi

Kekurangan yang sering dikhawatirkan adalah penggunaan inti besi cenderung menjadi jenuh setelah pemakaian beberapa lama. Hal ini menyebabkan nilai indutansi berubah. Hal ini menyebabkan nilai indutansi berubah seiring dengan waktu.

Pertimbangan inilah yang menyebabkan para perancang speaker enggan menggunakan coil jenis ini. Namun jika dilihat lebih lanjut, maka frekuensi subwoofer umumnya tidak berada pada frekuensi vokal, sehingga tidak berpengaruh terhadap vocal. Sehingga coil jenis tersebut sangat baik untuk menyaring frekuensi tinggi.

Hal lain yang membuat Coil Crossover Inti Besi dapat terhindar dari masalah kejenuhan adalah penggunaan inti besi. Inti besi yang dipergunakan harus dari jenis inti trafo lembaran yang dapat menghindari terjadinya magnetisasi.

Bahan inti besi demikian bisa didapatkan di tempat produksi trafo atau tempat yang menyediakan material trafo.

Hindari mengunakan material inti besi berberntuk besi solid. Penggunaan inti besi solid dapat menyebabkan inti berubah menjadi magnet dalam waktu tidak lama, sehingga titik potong crossover berubah dan tidak lagi dapat menyaring frekuensi yang sesuai dengan rancangan awal.

Cara membuat coil crossover subwoofer inti besi memerlukan peralatan berupa LCR meter agar dapat mengukur hasil akhir dari gulungan coil. Gulunglah coil serapi mungkin, sehingga hasil suara yang dihasilkan lebih maksimal.

One Response

  1. abang haffali 24/08/2017 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *