Bahaya Menumpuk Steker Terlalu Banyak Menggunakan Cabang

WikiKomponen.comBahaya Menumpuk Steker Terlalu Banyak Menggunakan Cabang atau stop kontak antara lain colokan kabel hangus, korslet listrik hingga kebakaran. Kebiasaan ini sering tidak disadari oleh kebanyakan masyarakat, sehingga sering dilakukan. Supaya tidak membahayakan, beberapa hal ini perlu diketahui.

Bahaya Menumpuk Steker Terlalu Banyak Menggunakan Cabang

Bahaya Menumpuk Steker Terlalu Banyak Menggunakan Cabang

Bahaya Menumpuk Steker Terlalu Banyak Menggunakan Cabang

Setiap terminal stop kontak atau colokan memiliki daya yang terbatas atau sudah didesign dengan besarnya arus tertentu. Jika dipergunakan pada rating yang berlebihan, maka stop kontak dapat saja lumer atau kepanasan. Demikian juga halnya dengan stop kontak atau lubang colokan.

Setiap stop kontak dihubungkan oleh sepasang kabel dengan amper tertentu. Umumnya untuk rumah, kabel yang banyak dipergunakan adalah 1mm, 1.5mm, atau bahkan 2.5mm. Dengan asumsi bahwa seluruh kabel menggunakan ukuran yang sama, maka kekhawatiran akan terfokus pada tempat colokan tersebut ditumpuk.

Saat seluruh steker atau colokan ditumpuk, maka beban yang terjadi akan sangat besar. Akibatnya, terjadi tarikan beban berlebih pada area tersebut. Hal ini dapat menyebabkan konektor dalam kabel menjadi panas dan berpijar.

Kabel yang seharusnya sudah diperkirakan cukup, kini menjadi sebuah bottle neck yang bekerja keras menyalurkan arus ke berbagai peralatan listrik yang sedang dipergunakan bersamaan. Hal inilah yang seringkali menyebabkan terjadinya kebakaran. Seluruh kabel dapat saja mengalami pemanasan sehingga dapat membahayakan jika terdapat bahan yang mudah terbakar di sekitarnya.

Selain masalah beban, hal lain yang menyebabkan penumpukan stecker tidak dianjurkan adalah potensi terjadinya hubungan singkat. Sedikit saja kulit kabel yang terkelupas atau lumer akibat kelebihan beban akan menyebabkan kedua konektor kabel bersinggungan langsung. Dengan terjadinya persingungan langsung, akan terjadi hubungan singkat yang dapat membakar kabel seluruh instalasi di rumah yang sejalur.

Cara Menyiasati Jumlah Stecker Yang Banyak

Agar tidak dapat menekan resiko kebakaran akibat beban berlebih pada colokan kabel maupun kabel extension, selalu perhatikan beban listrik yang dipergunakan. Jangan menggunakan cabang pada peralatan listrik yang mengkonsumsi listri besar pada satu titik. AC, Kulkas, Rice Cooker, Hair Dryer, Oven merupakan contoh peralatan rumah tangga yang mengkonsumsi daya besar.

Hindarkan menggunakan lebih dari 3 peralatan di atas dengan peralatan yang berada pada grup pengguna listrik terbesar. Bahaya Menumpuk Steker Terlalu Banyak Menggunakan Cabang untuk alat-alat di atas tentu akan menimbulkan masalah. Kombinasikan dengan charger HP, atau kipas angin, TV atau peralatan yang menggunakan daya kecil, sehingga keseluruhan daya tidak melebihi kemampuan konektor atau kemampuan kabel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *