Bahaya Glass Wool Peredam Suara Dalam Box Speaker

WikiKomponen.comBahaya Glass Wool peredam suara dalam box speaker ternyata cukup berbahaya. Bahan yang terbuat dari fiber dapat lapuk dan membentuk partikel halus yang bisa membahayakan paru-paru dan kulit.

Bahaya Glass Wool Peredam Suara Dalam Box Speaker

Memiliki kualitas suara speaker yang baik memang menyenangkan. Namun, perlu diketahui bahwa menggunakan bahan glass wool merupakan hal yang sangat beresiko, terutama jika material tersebut telah lama dipergunakan dan mengalami pelapukan.

Ads Metta3
Bahaya Glass Wool Peredam Suara Dalam Box Speaker

Bahaya Glass Wool Peredam Suara Dalam Box Speaker

Terdapat beberapa bahaya yang sering ditimbulkan oleh materila glass wool yang dipergunakan sebagai bahan peredam dalam box speaker. Bahaya Glass Wool Peredam Suara Dalam Box Speaker antara lain:

  1. Merusak Paru-Paru
  2. Menimbulkan Alergi Kulit
  3. Menyebarkan Kuman Berbahaya
  4. Iritasi Mata

Merusak Paru-Paru

Glass Wool terbuat dari bahan serat fiber yang dapat menebar partikel-partikel halus yang dapat merusak paru-paru. Saat menangani material tersebut, sebaiknya menggunakan masker yang cukup baik yang mampu menyaring partikel halus selama memasang ke dalam speaker.

Hal ini terutama pada perbaikan speaker yang isinya terdiri dari material glass wool yang telah lapuk. Semakin lama sebuah speaker dipergunakan, semakin banyak partikel halus dari glass wool yang ditebarkan ke udara.

Menimbulkan Alergi Kulit

Material bahan glass wool dapat memicu alergi baik pernafasan maupun kulit. Menyentuh langsung glass wool biasanya akan menyebabkan tangan terasa gatal. Bahkan mandi tidak dapat menghilangkan rasa gatal tersebut selama beberapa saat.

Pastikan selalu menggunakan sarung tangan saat menangani material tersebut. Gantilah dengan material yang lebih baik untuk menghindari resiko yang lebih besar.

Menyebarkan Kuman

Udara yang lembab dalam box speaker dapat menimbulkan air terperangkap dalam glass wool speaker. Hal ini terutama terjadi pada jenis bass reflex yang banyak mengalami sirkulasi udara.

Kelembapan tersebut dapat menjadi tempat hidupnya kuman yang dapat mempercepat proses pelakupukan glass wool. Sebaiknya melakukan pergantian glass wool secara berhati-hati setiap 1-2 tahun jika speaker tersebut sering dipergunakan. Lakukan secara hati-hati.

Iritasi Mata

Debu yang ditimbulkan dapat menyebabkan iritasi mata yang sulit disembuhakan. Partikel halus dari glass wool dapat menyebabkan mata merah hingga mengalami iritasi berat. Bahaya glass sool peredam suara dalam box speaker dapat digantikan dengan material yang lebih ramah lingkungan walaupun harga akan sedikit mahal.

Salah satu material yang dipergunakan adalah serat plastik pengisi boneka dan saringan air yang banyak dijual yang mungkin dapat menjadi solusi. Walaupun demikian, ternyata banyak orang yang menangani material tersebut tidak merasakan gangguan bahaya glass wool peredam suara dalam box speaker tersebut ataupun gejala yang disebutkan di atas.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *